Saturday, May 12, 2018

Review Miniso Makeup Brush


Beberapa saat yang lalu sempet rame makeup brush dari Miniso. Banyak yang nge-rave, bilang kalau kuas makeup Miniso ini bagus walau harganya sangat terjangkau. Sebagai beauty enthusiast, aku jelas ikut keracunan dong. Maka tanpa ba bi bu lagi, aku langsung ngacir ke Miniso Duta Mall Banjarmasin buat beli juga πŸ˜„



Untuk seri Pro Fine ini, setahu aku Miniso ngeluarin delapan jenis kuas. Empat di antaranya adalah kuas untuk wajah, sedang sisanya buat mata. Walaupun aku penasaran sama semuanya, aku cuman beli foundation brush, sculpting brush, sama eye shadow brush. Sisanya aku nggak beli soalnya aku belum terlalu butuh.



Kuas-kuas Miniso ini dibungkus dengan kotak kemasan berwarna putih dengan aksen hitam. Di bagian depan kotaknya dilengkapi plastik mika putih bening sehingga kita bisa langsung lihat isinya. Di bagian belakang kotak terdapat keterangan produk yang cukup lengkap. Desain kotak kemasannya yang nggak neko-neko ini bikin tampilan Miniso Makeup Brush semakin kelihatan mahal.


So, kita mulai review-nya dari kuas foundation dulu ya.


  
Product name: Pro Fine Foundation Brush
Specifications/Net Weight: 150 x 30mm
Product features: The ultimate brush for a flawless foundation, concealer, highlighter application.
Material: Nylon bristles, aluminum ferrule, plastic handle.
How to use: Fetch small amount of foundation, sweep lightly over face starting from nose and mouth to cover whole face. To enhance face contour and accentuate face features.
Storage: Please keep it in cool and dry place.
Caution: Please keep it out of reach of children
Harga: @Rp. 49.900,-
Beli di: Miniso Store di Duta Mall Banjarmasin



Miniso Pro Fine Foundation Brush ini bentuk kepala dan separuh ferrule-nya pipih, beda banget sama kuas foundie lain yang pernah aku punya. Bulunya pendek, melengkung, dan padat. Begitu diusapkan ke wajah rasanya lembuuut banget.









Cara aku pakai:
1.  Totol-totolkan base makeup (foundation/BB/CC/DD cream) ke wajah.
2. Baurkan base makeup menggunakan Miniso Pro Fine Foundation Brush dengan gerakan menarik ke arah bawah, dari area hidung ke arah luar.

Awalnya aku kebingungan dengan cara pakai kuas foundation ini. Karena aku terbiasa dengan Real Techniques Expert Face Brush yang tinggal diputar-putar atau beauty blender yang tinggal ditekan-tekan aja, aku butuh usaha yang sedikit lebih besar saat memakai kuas foundation dari Miniso ini. Apalagi, tiap kali membaurkan alas bedak pakai kuas ini hasilnya selalu streaky, bikin aku illfeel berat dan hampir ngasih rate jelek.

Mungkin bukan salah kuasnya juga sih. Akhir-akhir ini, alas bedak apa pun selalu streaky  dan menggumpal di kulitku kalau kuaplikasikan pakai kuas foundation dari merek apa pun. Penyebabnya entah karena kulitku yang kering dan bertekstur atau karena skin care-ku yang berlapis-lapis. Tapi, blending foundation pakai kuas ini tuh lebih parah streaky-nya daripada kuas foundie-ku yang lain. Sampai sebel sendiri aku. Untungnya, aku nggak memutuskan menyerah, dan setelah beberapa kali percobaan, dan membaca lagi petunjuk penggunaan di bagian belakang kotak si foundation brush Miniso ini, akhirnya aku bisa juga makainya. Haha...

Nilai moral yang dapat dipetik: Kotak kemasan produk jangan dibuang, setidaknya sampai keterangan produk sudah disalin ke draf blog πŸ˜‚

Ternyata, kalau mau membaurkan foundation dengan kuas ini, sebaiknya foundie-nya jangan banyak-banyak, soalnya kalo kebanyakan bakal streaky atau ninggalin garis-garis seperti yang kualami. Dikit-dikit aja ngaplikasiin foundation-nya. Nanti kalo mau nambahin coverage, tambahinnya juga dikit-dikit sampai tercapai coverage yang dimau.

Coverage yang dihasilkan oleh kuas foundation Miniso ini menurutku cukup tinggi. BB dan CC cream-ku yang sebenarnya daya tutupnya tipis, dapat sedikit menyamarkan noda-noda hitam di wajahku ketika kubaurkan dengan kuas ini. Baurannya juga rapi dan cukup halus. Asalkan itu tadi, ngaplikasiin base makeup-nya jangan langsung banyak.

Miniso Pro Fine Foundation Brush ini menurutku paling bagus buat nge-blend produk yang teksturnya cenderung creamy. Yang teksturnya cenderung cair gitu juga bisa sih, cuman butuh usaha lebih ketika nge-blend supaya nggak ninggalin bekas garis-garis. Kuas ini juga bisa membaurkan cream blush-ku dengan cukup baik. Dan karena bentuknya itu, kuas ini juga oke banget buat ngebaurin cream contour di tulang pipi dan hidung.



🌟: 4/5



Selanjutnya, kita bahas si sculpting brush-nya.



Product Name: Pro Fine Precision Sculpting Brush
Specifications/Net Weight: 160 x 30mm
Product features: Design to combine the full-face coverage of Blender Brush with the precision of the smaller Blush Brush, the Brush is ideal for highlighting and enhancing.
How to use: Large area coverage. Also for highlighting application by sweeping shimmer powder over forehead, nose and cheeks with angled side.
Material: Nylon bristles, aluminum ferrule, plastic handle.
How to use: Fetch small amount of foundation, sweep lightly over face starting from nose and mouth to cover whole face. To enhance face contour and accentuate face features.
Storage: Please keep it in cool and dry place.
Caution: Please keep it out of reach of children
Harga: @Rp. 49.900,-
Beli di: Miniso Store Duta Mall Banjarmasin





Sculpting brush ini nama lengkapnya Pro Fine Precision Sculpting Brush. Begitu baca namanya, aku langsung mengasosiasikan kuas ini sebagai kuas contouring. Bentuk kepalanya bulat, bulunya rata, dan miring. Istilahnya, angled brush gitu.





Kuas ini sepertinya memang ditujukan buat ngebaurin produk kontur, tapi di aku, dia serba guna banget. Miniso Pro Fine Precision Sculpting Brush ini bisa dipakai buat ngebaurin foundation dan produk-produk bertekstur cair, krim, dan padat.





Cara aku pakai:
1.  Totol-totolkan produk ke wajah.
2. Baurkan dengan gerakan ditekan dan digeser.

Nge-blend pakai kuas ini lumayan enak. Bentuknya yang slanted itu pas banget sama kontur wajah sehingga memudahkan proses pembauran produk. Foundation kalo dibaurin pakai kuas ini hasilnya jadi lebih natural. Begitu pula saat ngebaurin kontur krim, cepet rapinya. Tapi, aku paling suka pakai kuas ini buat nge-blend blush on, baik yang bentuknya krim maupun padat. Hasilnya tuh tipis, rapi, dan natural banget. Sebagai informasi, aku bukan penggemar blush on yang on point. Jadi, aku selalu ngaplikasiin blush on senatural mungkin, macam pipi yang bersemu merah karena kepanasan. Makanya, aku suka banget sama sculpting brush ini 😍

🌟: 4,5/5


Produk terakhir yang aku beli adalah eyeshadow brush. Untuk kuas khusus mata dari seri ini, dalam satu kotaknya terdapat dua kuas. Jadi, ini ekonomis banget.



Product name: Pro Fine Eye Shadow Brush 2 Pack
Specifications/Net Weight: 160 x 10mm, 150 x 10mm
Product features: The tapered end of this brush is designed for smudging to create a modern, soft, smokey look. The Eye Definer Brush does double duty: softly lining eyes and filling in and strengthening thin or sparse brows.
How to use: Eyeshadow brush to deliver a delicate eye look and accentuate eye features. Eyeliner brush to apply gel eyeliner and eyeliner powder. Helps you with a fine and precision eyeliner.
Material: Nylon bristles, aluminum ferrule, plastic handle.
Storage: Please keep it in cool and dry place.
Caution: Please keep it out of reach of children
Harga: @Rp. 49.900,-
Beli di: Miniso Store di Duta Mall Banjarmasin





Di dalam Pro Fine Eye Shadow Brush ini terdapat dua jenis kuas, yaitu blending brush sama angled brush. Blending brush-nya jenis yang ujungnya tapered atau mengerucut di ujung, bukan yang mengembang. Karena bentuknya itu, brush ini bagus buat naruh esedo di ujung terluar mata. Buat nge-blend juga oke, tapi aku sendiri kurang suka sama hasilnya. Nggak serapi kalo pake blending brush yang bulunya mengembang.









🌟: 4/5




Brush kedua yang ada di dalam paket ini adalah angled brush. Melihat bentuknya, aku sudah langsung berekspektasi tinggi. Maksudku, aku berharap kuas yang satu ini bisa dipakai buat ngalis sekaligus eyelining. Sayangnya, aku harus kecewa. Kuas ini terlalu tebal untuk dipakai ngalis sama bikin garis eyeliner. Tapi, kuas ini bagus banget buat eyelining di bawah waterline bawah pakai esedo. Kayak langsung rapi gitu hasilnya.









🌟: 3/5

🌼🌼🌼🌼🌼





Secara fisik, kuas makeup dari seri Pro Fine ini cantik sekali. Warna silver-nya itu bikin kuas-kuas ini kelihatan mahal. Desainnya sederhana tapi elegan. Dipegang pun nggak terlalu berat sehingga nggak bikin pegal tangan pas dipakai.

Batangnya terbuat dari plastik. Panjangnya pas buatku. Kan ada tuh kuas yang gagangnya panjang, dan itu nggak enak banget secara sering natap-natap cermin pas lagi dipakai. Nah, kalau kuas-kuasnya Miniso ini nggak. Jadi, aku makainya juga enak.


Logo Miniso
Made in China

Yang aku nggak suka dari kuas-kuas Miniso ini adalah mereka susah dibersihkan, terutama complexion brush-nya. Akutu ya kalo ngebersihin kuas makeup tu bisa dibilang sadis dan ganas. Bulu-bulunya itu aku usrek-usrek sekuat tenaga supaya residu makeup luruh sepenuhnya. Tapi, residu makeup  itu terkadang masih nyisa di kuas-kuas Miniso ini, padahal aku sudah teliti banget ngebersihinnya.

Terus, yang aku nggak suka lagi itu adalah mereka ini keringnya lambat banget. Butuh waktu kira-kira dua sampai tiga hari untuk kuas-kuas ini kering sempurna. Bahkan kuas matanya pun lama banget keringnya, padahal setelah kubilas bulu-bulunya selalu kuperas dulu dan cuaca di Tanjung sini tuh gerahnya luar biasa. Makanya, kadang aku suka males nyuci mereka ini, soalnya butuh usaha banget. Tapi, kalo nggak dicuci juga jijik ngeliat sisa-sisa makeup yang nempel di bulu-bulunya. Kebayang bakteri yang ngumpul di situ. Ewww...

Kuas-kuas ini bulunya sedikiiit rontok. Kalo habis dicuci gitu pasti ada satu atau dua helai yang tercabut. Aku nggak terlalu mempermasalahkan sih ya, secara seminggu sekali doang rontoknya. Bagiku, kuas makeup bisa tahan dua sampai tiga tahun itu sudah bagus banget. Apalagi harganya murah gini. Lagian juga, dua atau tiga tahun nanti itu pasti deh sudah gatel kepengin beli kuas baru lagi. Hahaha...


Oya, kuas-kuas makeup dari Miniso ini sepertinya hanya bisa dibeli di Miniso Store atau online. Buat yang tinggalnya di kota-kota besar, pastinya nggak bakalan kesulitan nyari mereka. Tapi, buat kita-kita yang tinggalnya di pelosok, mau nggak mau harus beli online, atau pergi ke kota besar dulu buat dapetin mereka.




Terlepas dari kekurangan-kekurangannya itu, aku tetap merekomendasikan kuas-kuas makeup dari Miniso ini untuk kamu coba. Bulunya lembut, performanya bagus, dan, yang paling penting, harganya sangat terjangkau. Aku terutama merekomendasikan banget Precision Sculpting Brush-nya, secara kuas ini multifungsi banget. Cocok buat kamu yang nggak mau keluar banyak budget hanya untuk kuas makeup 😊

🌼 Final Verdict 🌼

(+) Desain elegan
(+) Bulunya lembut
(+) Performanya bagus
(+) Harga sangat terjangkau

(-) Susah dibersihkan
(-) Keringnya lama
(-) Bulunya sedikit rontok kalau dicuci
(-) Hanya bisa dibeli di Miniso Store atau online


Hope it helps,

Gita 😘

26 comments:

  1. Lama banget itu sampai 3 hr baru kering, kalah sama jaket tebal suamiku >.<, eh aku ga tau kalo harus dicuci lo mba, hihi, punya aja ga cemana mau ngerti :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, Fik, sampai bete sendiri nungguin mereka kering πŸ˜”

      Alat makeup memang harus dicuci secara teratur, supaya bakterinya nggak numpuk trus nimbulin jerawat 😁

      Delete
  2. Aaaaw pas banget aku kemaren kepengen beli. Makasih sharingnya :)

    Iya ya, warnanya super cantik dan elegan. Besok ku juga mau mereviewnya dan berarti kemasan produknya jangan dibuang dulu. Hihihi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, kotaknya jangan dibuang dulu sebelum beres difoto-foto. Hehe... πŸ˜„

      Delete
  3. design kuasnya elegan banget ya berasa kuas mahal padahal harganya super affordable gitu. Tapi sayang banget sih kalo susah dibersihin:(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, sayangnya ya itu. Untung harganya affordable πŸ˜„

      Delete
  4. Wah brushnya kelihatan lembut ya.. pasti nyaman dipakai

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, memang nyaman banget ini dipakenya :D

      Delete
  5. Kirain handle-nya itu bakalan berat dari bahan metal gitu, ternyata plastik yah haha! Aku tertarik sama kuas matanya tadinya, tapi setelah lihat modelnya, nggak jadi soalnya udah punya beberapa model gitu dan lagi ga butuh backup hihi Nunggu ada koleksi terbaru aja deh :D

    ReplyDelete
  6. padahal ekspetasi aku sama kuas Miniso cukup tinggi nih tapi kalau keringnya lama gimana ya? Gak bisa dibawa buru-buru, aku gak sabaran :(

    ReplyDelete
  7. Kalau sdh beli kit gini namanya niat. Hoho. Karena bukan pegiat makeup, dalam waktu dekat aku mungkin tidak beli sepaket begini. Mau beli yg untuk foundation itu aja. Miniso emang keren, barangnya berkualitas dan murmer.

    ReplyDelete
  8. kemarin padahal udah pengen beli brush miniso ini tapi aku pengennya blending brush yang panjang itu. karena nggak ada ya nggak jadi deh

    ReplyDelete
  9. Mba gita istilah2 beauty nya banyak yg aku ga ngerti, kecuali yg di tulis dalam bahasa indonesia. Aku selama ini cuma pake armando caruso. Tapi gak ada yg precision brush nya. Pengen beli juga tapi kayanya kalo susah di bersihkan aku mikir2 lagi deh

    ReplyDelete
  10. Dilihat dari tampannya menarik ya. Aku hampir keracunan sih. Tapi ternyata dia kering totalnya sampe 2-3 hari. Lama amat ya.. #kbbvmember

    ReplyDelete
  11. Pelajaran yang kupetik dari brush dan barang apapun di miniso adalah:
    kalau ketemu barang di miniso, langsung ambil dan beli.

    Aku dulu mikir-mikir juga karena merasa nggak seberapa perlu. Sampai akhirnya mau beli brush dan udah berencana borong eh stoknya di kotaku abis dong. Nyesel kenapa nggak beli dari dulu
    #kbbvmember

    ReplyDelete
  12. Aku sudah incar waktu pertama lihat di Miniso dekat lokasi rumahku. Tapi karena gak yakin, aku gak jadi beli. Thank u sudah review kuasnya. #KBBVmember

    ReplyDelete
  13. Jd nyesel pas kemaren masih tinggal di medan selalu nunda2 beli brush miniso, nah ini udah pindah ke daerah jd susah beli beli terpakasa serba online.
    Nice review ka
    #kbbvmember

    ReplyDelete
  14. Wah di bandung kayaknya blom pernah nemu nih mbak miniso brush, kualitasnya lumayan juga ya �� #kbbvmember

    ReplyDelete
  15. Pilihan designnya bagus kelihatan mahal banget hehe. Aku belum pernah lihat di miniso sby sih tapi kayaknya perlu cari ke miniso mall lain �� #kbbvmember

    ReplyDelete
  16. Tertarik banget sama eye brush nya, murah ya 50rb an dapat 2 pula 😍 #kbbvmember

    ReplyDelete
  17. Design kuasnya bagus jadi pingin beli😍
    #kbbvmember

    ReplyDelete
  18. Miniso emang racun ya kak. Tapi pas banget ini aku lagi jyari brush buat foundie. Soalnya seringnya pake jari atau beauty blender. Great review kak. #kbbvmember

    ReplyDelete
  19. suer deh aku suka banget sama design gagang nya <3 elegan sleek dah, tapi repot juga ya kalo gampang rontok dan susah kering #kbbvmember

    ReplyDelete
  20. Aku suka liat di miniso brush nya.. masih maju mundur mau beli.. cuma fix siih aku skrg jd oengen beli wkwkwk #kbbvmember

    ReplyDelete
  21. Padahal ini ada di Miniso kotaku, cuma gak tau kurang tertarik aja gitu sama brush ini 😭 #kbbvmember

    ReplyDelete
  22. brushnya kelihatan sangat lembut ya, suka..

    ReplyDelete

COPYRIGHT © 2018 JURNAL GITA | THEME BY RUMAH ES