Wednesday, November 1, 2017

[Event Report] FBB 1st Anniversary: Asyiknya Belajar Dandan Bareng Wardah


Bulan Oktober adalah bulan yang spesial buat kami para anggota Female Blogger Banjarmasin, karena tepat satu tahun yang lalu, yaitu pada tanggal 6 Oktober, FBB lahir. Untuk merayakan hari jadinya yang ke satu ini, FBB mengadakan gathering plus beauty class yang bekerja sama dengan Wardah.

Acara dimulai dengan perkenalan masing-masing anggota FBB. Ada beberapa anggota yang sudah pernah saling bertemu pada meet up sebelumnya, ada juga yang belum pernah ketemu sama sekali, termasuk aku yang memang baru bulan Juli tahun ini bergabung dengan FBB. Jadi, ini adalah kali pertamaku bertemu secara langsung dengan teman-teman anggota FBB. 

Acara perkenalan diawali oleh pihak Wardah yang diwakili oleh tiga orang, yaitu Mbak Elvira sebagai pembawa acara, Mbak Inoy yang merupakan MUA Wardah, dan Wardah Brand Ambassador untuk kampus yang juga menjadi model dalam beauty class kali ini, Devi. Setelah pihak Wardah selesai memperkenalkan diri, giliran para anggota FBB yang mengenalkan diri dengan menyebutkan nama, alamat blog, dan fokus blognya tentang apa saja. Selain para anggota FBB, ada juga dua orang pemenang giveaway yang diadakan oleh FBB. Mereka pun turut mengenalkan diri.

Setelah acara perkenalan itu, kami dipersilakan untuk membuka hampers dari Wardah. Isinya? Tiga shade terbaru Wardah Exclusive Matte Lip Cream! Yaaaaay! Seketika itu juga kami langsung sibuk dengan ponsel masing-masing untuk memfoto dan merekam sesi unboxing ini. Aku sendiri excited banget, karena ini pertama kalinya aku dapat hampers. Foto-foto dan video unboxing tersebut langsung aku unggah ke Instagram dan IG Story-ku.


Hampers cantik dari Wardah
3 shades terbaru Wardah Exclusive Matte Lip Cream
Acara perkenalan yang berjalan dengan hangat ditambah dengan sesi unboxing yang seru bikin kami hampir tidak menyadari bahwa sudah saatnya untuk istirahat. Kami dipersilakan makan siang dan sholat Dzuhur. Waktu istirahat ini pun kami gunakan untuk saling berkenalan lebih dekat dan mengakrabkan diri. 

Setelah istirahat, tibalah waktunya untuk acara yang sudah ditunggu-tunggu, yaitu Beauty Class with Wardah yang dibimbing oleh Mbak Inoy. Mbak Inoy menjelaskan step by step cara yang benar dalam ber-makeup. Banyak tips dan trik yang aku pelajari di beauty class ini. Aku akan jelasin satu per satu di bawah ya.


Step 1 Sebelum mengaplikasikan produk makeup, yang wajib kita lakukan terlebih dahulu adalah membersihkan wajah. Pertama-tama, bersihkan dulu makeup mata dan bibir menggunakan eye and lip makeup remover.

Tips & Trik Bersihin makeup mata jangan diusrek-usrek, tapi cukup dikompres beberapa detik, kemudian diusap-usap lembut ke arah bawah. Kebiasaan jelekku, kalo bersihin maskara atau eye liner, pasti aku usrek-usrek. Akibatnya, area mataku jadi perih dan bulu mataku pada rontok :(

Bersihin makeup matanya pelan-pelan aja yak :D
Step 2 Langkah kedua adalah membersihkan wajah dari makeup menggunakan milk cleanser atau susu pembersih. Oleskan susu pembersih ke lima titik wajah, yaitu dahi, hidung, kedua belah pipi, dan dagu. Kemudian pijat lembut dengan gerakan memutar.

Tips & Trik Berikan perhatian lebih pada area cuping hidung, karena biasanya area ini sering luput dibersihkan, apalagi kalo pas buru-buru #pengalamanpribadi XD Angkat susu pembersih dari wajah menggunakan tisu. Kenapa nggak pake kapas? Karena kapas memiliki serat yang banyak sehingga nanti malah nempel-nempel di muka. Dan yang aku rasakan pas ngikutin beauty class ini, memang lebih enak pakai tisu sih buat bersihin milk cleanser di wajah.

Bersihin milk cleanser lebih enak pakai tisu :)

Step 3 Berikutnya adalah mencuci wajah dengan facial wash. Tapi, karena itu nggak mungkin dilakukan pada saat itu, maka kami langsung ke langkah selanjutnya, yaitu memakai toner. Toner berguna untuk menutup kembali pori-pori yang terbuka saat kita melakukan pembersihan tadi.

Tips & Trik Ketika mengaplikasikan toner pakai kapas, lebih baik jangan diseret-seret, karena itu akan membuat kulit perih dan memerah. Cara yang benar adalah cukup ditepuk-tepuk lembut saja.

Step 4 Setelah menggunakan toner, kita langsung mengaplikasikan BB Cream. Seharusnya menggunakan skin care terlebih dahulu, tapi karena nggak mungkin kita bawa-bawa skin care ke acara beauty class, maka kita langsung pakai BB Cream. Lagipula, dalam BB Cream sudah ada kandungan skin care-nya. Jadi, nggak apa-apa kalo kali itu kita nggak pakai skin care. 
BB Cream yang dipakai kali ini adalah dari seri Everyday. BB Cream ini enak banget dipakenya dan sangat mudah dibaurkan. Karena waktu itu aku nggak bawa beauty blender atau brush, jadi aku pakai jari aja. Dan ternyata mudah banget membaurkan walaupun cuman pakai jari.

Tips & Trik Jika membaurkan BB Cream memakai jari, maka baurkan searah tumbuhnya bulu wajah, yaitu ke arah bawah. Cara ini untuk mencegah bb cream menggumpal dan terlihat tebal.
Sibuk oles-oles BB Cream :D
Step 5 Selanjutnya mengaplikasikan bedak tabur, agar BB Cream yang dioleskan tadi nggak geser-geser dan nggak cepat luntur. Nggak lupa bagian bawah mata di-bake juga.

Step 6 Ini salah satu step yang bikin aku kerja keras banget nih. Secara aku lemot banget kalo disuruh make-make esedo XD Untungnya, Mbak Inoy dengan sabar dan tabah banget mengajariku cara mengaplikasikan esedo dengan benar dan merapikan esedoku yang menceng-menceng (?) ke sana kemari.
Warna eye shadow yang kami gunakan kali ini adalah warna-warna yang natural sekali, yaitu cokelat shimmer sebagai warna utama dan cokelat tua matte untuk membingkai outer V dan bagian bawah mata. Inner corner diberikan warna putih shimmer supaya mata kelihatan lebih membuka.

Step 7 Setelah beres blending-blending esedo, lanjut pengaplikasian eye liner dan maskara. Dari semua step dandan, memakai eye liner adalah yang paling susah buatku. Sulit sekali bikin garis yang rapi dan lurus selurus hatimu. Untungnya kali ini aku cukup berhasil bikin garis eye liner yang, yah, decent.
Gaya eye liner kali ini nggak yang neko-neko. Hanya garis yang mengikuti bentuk mata dengan sedikit ekor di ujungnya. Dalam kasusku, eye liner ini bisa membuat mataku terlihat lebih besar, karena mataku aslinya memang kecil. Ditambah maskara, maka lengkaplah makeup mata kali ini.

Step 8 Langkah selanjutnya adalah mengaplikasikan bedak padat. Walaupun tadi sudah menggunakan bedak tabur, bedak padat berguna untuk menambah coverage dan menahan minyak di wajah supaya makeup tidak cepat luntur. Bedak padat yang digunakan adalah Wardah Exclusive Two Way Cake.

Tips & Trik Gabungkan dua shade TWC untuk mendapatkan tone yang sesuai dengan kulit wajah. Karena aku memakai kacamata, aku mengaplikasikan TWC agak banyak di bagian batang hidung supaya makeup-ku lebih tahan lama.

Step 9 Langkah ke-9 ini adalah salah satu yang terpenting bagi kebanyakan orang, yaitu membentuk alis. Aku nggak terlalu ahli bikin alis. Biasanya aku cuman ngikutin bentuk asli alisku aja. 

Step 10 adalah mengaplikasikan blush-on. Warna yang dipilih adalah campuran warna pink dan peach. Hasilnya bagusss banget.

Step 11 yaitu shading hidung. Hanya dengan menggunakan jari telunjuk dan jempol, hidung mancung langsung bisa didapatkan XD

Tips & Trik Kalau nggak punya produk khusus shading, bisa diganti dengan eye shadow warna cokelat matte. Kuncinya adalah blend, blend, blend supaya hasil akhirnya jadi natural.

Step 12 sekaligus step terakhir adalah lipstik. Kami memakai liquid lipstick dari hampers yang di-unbox di awal acara tadi. Mbak Inoy mempersilakan kami untuk memakai lipstik warna apa pun dengan gaya masing-masing. Aku mencampur semua warnanya. Dari nomor 14 yang berwarna nude, lalu ditumpuk nomor 17 yang berwarna mauve, dan terakhir warna 16 yang warnanya merah kecokelatan. Walau ditumpuk-tumpuk, hasilnya ternyata bagus. Aku suka banget.

Before (Aku maluuu >.<)

After (Mayan yah hasilnya XD )
Makeup yang kami praktekkan ini bisa dibilang natural glam look. A bit too much kalo dipakai cuman buat belanja sayur ke pasar. Makeup ini lebih cocok digunakan untuk ke acara-acara resmi seperti kondangan atau wisuda.

<<<>>>

Beres dandan, hal yang wajib kita lakukan adalah... foto-foto dooonk XD
Barisan Emak-Emak Eksis XD
Puas foto-foto, lanjut ke sesi penyerahan hadiah buat pemenang giveaway FBB. Pemenang giveaway ada tiga orang, yaitu Pita (pemenang kompetisi blog), Loly dan (pemenang giveaway di Instagram FBB). Mereka masing-masing mendapatkan satu paket berisi produk-produk Wardah lengkap. Ish, asyik banget yak.

Congratulations, Girls!

Setelah itu, dilanjutkan dengan sesi potong kue ultah rame-rame. Kue ultahnya unyu banget ih, dan enyaaak.
Kue ultah yang unyunya kebangetan >o<
Dengan selesainya sesi potong kue, maka selesai juga acara FBB Gathering dan Beauty Class with Wardah. Aku seneng banget bisa ikutan acara ini, karena selain nambah ilmu dandan, juga ketemu sama teman-teman FBB yang seru-seru.

Finally, best wishes buat Female Blogger Banjarmasin. Semoga kita bisa bertemu lagi di lain waktu :D

No comments:

Post a Comment

COPYRIGHT © 2018 JURNAL GITA | THEME BY RUMAH ES